Cara Membuat Antena TV Sederhana Dari Tutup Panci

Advertisemen
Konten [Tampil]
Inovasi orang Indonesia itu sebenarnya sangat bagus, apalagi terkait elektronik, namun orang Indonesia biasanya tidak ada wadah untuk mengelola inovasinya dan tidak bisa mengekspos, buktinya orang Indonesia berinovasi membuat antena tv sederhana dari tutup panci.

Tutup panci aja bisa dijadikan sebagai antena TV LED, hal tersebut memang kelihatan sederhana tapi substansinya itu sangat luar biasa. Dengan mengetahui bahan apa saja yang bisa dibuat antena TV, sehingga bisa mengamplikasikannya dengan bahan seadanya.
Cara Membuat Antena TV Sederhana Dari Tutup Panci
sumber : terlanjurbasah.net


Cara Membuat Antena TV Sederhana Dari Tutup Panci 


Mengingat harga antena TV cukup mahal bagi sebagian orang, maka anda bisa membuat antena tv sederhana dengan menggunakan tutup panci, namun sebelum itu anda harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Apa saja bahan-bahannya?

Bahan-Bahan Pembuatan Antena TV Dari Panci


  • Tutup panci bekas dengan diameter sekitar 33cm
  • Plat nomor sepedamotor yang gak terpakai
  • Solasi plastik yang hitam
  • Almunium / Tembaga silinder 20 cm
  • Kayu reng 1m
  • Paku kecil


Langkah Membuat Antena TV Dari Tutup Panci


Setelah anda mempersiapkan semua bahannya, mari lanjut pembahasan langkah Membuat Antena TV dari tutup panci berikut ini:

Potong Plat Nomor


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memotong plat nomor dibagi jadi 2, kemudian gunting dengan model seperti gambar berikut ini.

Potong Reng


Setelah memotong plat nomor motor, anda harus memotong kayu reng berukuran 8cm untuk tengahnya, tujuannya sebagai penyangga driver yang berbentuk kupu-kupu.

Pasang Pipa Alumunium


Pipa alumunium yang 20cm tadi dipotong jadi 2, kemudian diikat dengan solasi hitam dengan jarak 5cm.

Pasang Kabel


Setelah itu silahkan pasang kabel ke driver dengan ketentuan tidak saling bersentuhan, apabila keduanya saling bersentuhan bisa mengakibatkan konsleting.

Pakai Booster


Untuk bisa mendapatkan gambar TV yang sangat jernih, saya sarankan untuk bisa menggunakan boster yang baik. Dan antena dari tutup panci ini lebih bagus dari antea pf atau uhf yang dijual di toko, karena bisa menyerap sinyal seperti parabola.


Modifikasi Antena PF Indoor


Selain itu, anda juga mengkombinasikannya dengan antena PF indoor, silahkan modifikasi antena indoor yang sudah anda pasang tapi masih kurang jernih, silahkan tambah tutup panci dbagian belakang antena atau reflector. Dan hasilnya akan lebih baik, kalau tidak percaya silahkan anda praktekkan sendiri, kalau hasilnya bagus taruh di komentar ya gan.
Cara Membuat Antena TV Sederhana Dari Tutup Panci
sumber: terlanjurbasah.net


Itulah Cara Membuat Antena TV Dari Tutup Panci yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari solusi TV direrumuni semut pada layar alias buram. Modifikasi antena PF atau Uhf anda dengan panci bekas dirumah.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments