Cara Membuat Flux Sendiri Dari Batu Songka

Advertisemen
Konten [Tampil]
Dalam proses desoldering membutuhkan beberapa alat dan bahan supaya proses solder bisa tampak rapi dan bersih, maka dari itu seorang penyolder harus menyiapkan solder bagus yang panas, timah solder yang cepat meleleh, flux dan lain sebagainya.

Dan pada artikel ini kami hanya membahas fluxnya saja, terkait cara membuat flux sendiri yang berkualitas bagus. Untuk flux, anda sebenarnya bisa membelinya di toko elektronik terdekat dengan merk favorit anda, sedangkan terkait harganya sekitar Rp.2.000 hingga Rp.45.000 per 50ml, nah kalau anda membuat flux sendiri harganya jauh lebih murah dan kualitasnya gak jauh berbeda dengan flux mahal.

Baca Juga Daftar Solder Yang Paling Bagus | Terbaik 2020

Cara Membuat Flux Sendiri Dari Batu Songka


Untuk membuat flux sendiri, anda cukup merogoh kocek sekitar Rp.45.000 bisa membuat flux hingga 1 liter, kalau sedia 1 liter bisa jadi itu dipakai hingga 2 tahun kedepan nih… hehe

Cara Membuat Flux Sendiri


Nah, kali ini kami situs Memperbaiki TV LED akan membagikan tutorial Cara Membuat Flux Solder sendiri dengan mudah.

Bahan Membuat Easy Flux Sendiri


Namun sebelum masuk pada langkah-langkah membuat flux sendiri, anda harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu ya guys, bahannya mudah kok, silahkan simak berikut ini:

1.BATU SONGKA


Bahan yang pertama adalah batu songka, nah bahan batu songka ini menjadi bahan dasar membuat flux batu songka yang juga bisa anda dapatkan di toko elektronik. Tapi tidak semua toko elektronik menjual batu songka, tapi kalau toko elektronik yang besar biasanya menjualnya dengan harga Rp.5000 per ons.

2.TINNER


Bahan yang kedua adalah tinner, pastinya untuk bahan flux tidak meninggalkan apa yang namanya tinner. Dan, pastikan anda menyiapkannya terlebih dahulu, sebelum masuk pada proses pembuatan flux sendiri dengan mudah. Saya rekomendasikan, kalau membeli tinner pastikan dengan kualitas Grade A yang mengandung kadar minyak. 

3.WADAH UNTUK PROSES MEMASAK 


Bahan yang terakhir adalah wadah berbahan dasar alumunium agar tidak leleh saat dibakar dengan api nantinya, mudahnya anda bisa menggunakan kaleng bekas untuk proses memasaknya. 

Proses Pembuatan Flux / Pasta Solder Sendiri


Panaskan Wadah 


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memanaskan wadah alumunium terlebih dahulu dengan 3 buah lilin, untuk pemasanasan jangan menggunakan kompor gas karena itu bisa berbahaya.

Kenapa harus dimasak? Kok tidak dicampur aja biar cepat. Kalau kita hanya menyampur saja tanpa memasak, maka hasilnya tidak bisa memuaskan, saat anda mencabut ic BGA atau memasangnya, nantinya akan timbul busa meletus dikolong IC.

Masukkan Bahan-Bahan


Setelah wadah dari kaleng sudah agak panas, silahkan di masukkan batu songka terlebh dahulu hingga mencair kemudian masukkan tinner kedalam wadah. Setelah itu baru proses pengadukan menggunakan kayu atau bahan lainnya hingga benar-benar merata.

Kalau anda pengen mengaduk yang lebih otomatis dan hasilnya bisa lebih merata, anda bisa menggunakan dynamo untuk mengaduknya, kan seperti blender jadi hasilnya benar-benar tercampur secara sempurna.

Itulah Cara Membuat Flux Sendiri yang bisa anda lakukan dirumah serta bisa memperbaiki solderan anda. Semoga bermanfaat, dan baca artikel lainnya…

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments