[Berhasil] Cara Menyolder Kutub Baterai [Plat Nikel]

Advertisemen
Konten [Tampil]
Cara Menyolder Kutub Baterai Dengan Cutter Kertas -  Yah, seperti pada judulnya, bahwa kali ini kami situs Memperbaiki TV LED akan membahas permasalahan dalam penyolderan, karena terkadang timah solder tidak bisa menempel pada permukaan yang disolder, entah itu masalah di mata solder, timah solder, atau bahkan media objek solder.
menyolder plat nikel

Salah satu kasus, terkait tidak bisa menempelnya solder pada saat menyolder kutub baterai, dimana itu terbuat dari plat nikel. Nah, terkadang kita menyalahkan komponen lainnya, entah solder rusak, atau tidak panas atau bahkan timah soldernya yang tidak bagus.


Cara yang digunakan untuk menyolder kutub baterai bisa dilakukan dengan mudah apabila menggunakan bantuan cutter kertas. Merupakan alat bantu tambahan yang bisa memudahkan proses penyolderan kutub baterai supaya bisa menempel seperti perangko.

Cara Menyolder Kutub Baterai Dengan Cutter Kertas


Bersihkan Permukaan Kutub Baterai


Nah, cara yang pertama silahkan bersihkan atau kerik terlebih dahulu permukaan kutub baterai dengan ujung cutter kertas. Tujuannya adalah menghilangkan kotoran di lapisan paling atas, juga bertujuan untuk melukai plat kutub supaya timah bisa menempel pada kutub baterai.

Setelah anda membersihkannya, jangan sampai jari jemari anda menyentuh kutub baterai, pasalnya keringat yang keluar dari jari jemari juga akan menghalangi timah untuk menempel di kutub baterai.

Solder Kutub baterai


Nah, setelah kutub baterai sudah benar benar bersih, sekarang masuk pada proses penyolderannya. Jangan asal menyolder, caranya tuangkan timah secara banyak, kemudian solder dipanaskan di kutub baterai dengan durasi waktu yang cukup lama antara 3-5 detik sehingga timah bisa menempel.

Ciri-Ciri Timah Solder Menempel Di Kutub Baterai


Apakah solderan anda memang benar-benar menempel kuat atau lemah? Ciri ciri solder yang menempel kuat, ditandai dengan bentuk timah yang lancip mengrucut (tidak Bulat). Dan setelah proses menyolder, timah tidak jatuh atau menempel di ujung mata solder semuanya.

Caranya sangat mudah bukan? Kalau bagi pemula emang dirasa sulit untuk menempelkan timah solder ke kutub baterai berbahan dasar plat nikel, tapi kalau anda sudah terbiasa, hal tersebut tergolong simple dan mudah seperti menyolder pada PCB.

Itulah Cara Menyolder Plat Nikel di Kutub Baterai yang bisa saya bagikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mempelajari tentang desoldering secara sempurna.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments