Cara Membuat Mata Solder Sendiri | Panas 300 Derajat

Advertisemen
Konten [Tampil]
Cara Membuat Mata Solder Sendiri – mata solder merupakan komponen yang sangat penting dalam solder menyolder, karena sebagai ujung tombak menyalurkan panas dari mesin solder. Ketika mata solder sudah tumpul atau kotor, anda harus membersihkannya atau bahkan harus menggantinya.

Mengganti Mata Solder


Bagi yang sudah pengalaman untuk dunia teknisi elektronik, tentunya sangat mudah mengatasi mata solder yang sudah tumpul. Ada beberapa cara untuk memperbaikinya, dan kali ini kami situs Memperbaiki TV LED akan membahasnya didalam artikel ini.

Mengganti Mata Solder Daya 80 Watt.


Yang pertama, anda bisa mengganti mata solder dengan tembaga dengan sumber daya 80 watt, Kalau anda menggunakan pin paku/manset kuningan ke pin seperti yang ada di peniti name tag tentu tidak bisa jika dipasang pada solder dengan daya dibawah 80 watt. 

Perlu digaris bawahi bahwa mata solder itu terbuat dari bahan tembaga, berdiameter 6,35 mm. Dengan demikian, anda bisa menggantinya dengan barang apapun asalkan spesifikasinya sama. Dan saran saya, anda bisa membeli di bahan logam material, membeli tembaga berbentuk as dengan diameter 6,35 mmatau ¼ inch.

Namun tidak semua toko itu bisa membelinya hanya sedikit saja (10cm), anda bisa membelinya setengah batang saja. 1 batangnya biasanya berukuran 4 meter, kalau anda membeli setengah batang berarti panjangnya 2 meter saja. Kalau ukuran mata solder 10 cm, berarti anda bisa memakainya hingga 20 kali pakai.

Berapa harganya, harga yang ditawarkan kisaran Rp. 37.500 saja, tapi tentunya itu berbeda disetiap daerah tergantung harga pasarannya.

Membeli Mata Solder 


Cara yang kedua ini sangat simple sekali, anda bisa membeli mata Solder di toko elektronik terdekat dengan harga yang terjangkau pula. Selain itu, anda tidak bersusah payah untuk memotong tembaga seperti diatas tadi. 

Kalau cara ini anda tinggal membeli, kemudian memasangnya dan anda sudah bisa menggunakan solder tersebut dengan baik. 

Itulah Cara bikin mata solder yg bagus yang bisa saya bagikan di artikel ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah di dunia solder menyolder.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments