Cara Membuat Solder Sendiri Dari USB 5V Panas Maksimal

Advertisemen
Konten [Tampil]
Cara Membuat Solder Sendiri - Solder merupakan komponen yang sangat penting di dunia service elektronik, dan menjadi alat wajib karena kebanyakan kerusakan elektronik membutuhkan desoldering yang baik. Tapi, terkadang ada beberapa kendala seperti solder tidak panas, mata solder yang sudah tumpul atau kotor, sehingga anda butuh Cara Mengganti Solder yang Bagus.

Tapi pada artikel ini, saya tidak akan membahas masalah yang muncul saat menyolder, tapi yang saya bahas adalah Cara Membuat Solder Sendiri dari USB 5 V. Apakah bisa menyalurkan panas dengan baik? Apa bisa melelehkan timah saat menyolder? Ya , tentunya hasilnya tida bisa maksimal seperti merk solder terbaik.

Solder dengan USB  tegangan 5V itu memiliki beberapa kelebihan seperti bisa dicolokkan adaptor cas HP, usb laptop dan lain sebagainya.

Cara Membuat Solder Dari USB 5V


Baiklah, kali ini kami situs Memperbaiki TV LED akan membahas Cara Membuat Solder Sendiri dari USB 5 V dengan mudah berikut ini:

Tapi sebelum kita masuk pada langkah pembuatannya, anda harus mempersiapkan terlebih dahulu bahan-bahan apa saja yang harus dipersiapkan.
Cara Membuat Solder Sendiri Dari USB 5V

Bahan Pembuatan Solder Dari USB 5V


  • Kabel USB
  • Adaptor Cas HP
  • Kayu Gagang
  • Selotip Pembungkus Fiber
  • Kabel Kawat Tembaga 2.5 mm
  • Kawat Nikelin 0.1mm

Langkah Membuat Solder Sendiri


Potong Kabel Kawat

Cara Membuat Solder Sendiri Dari USB 5V

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memotong kabel kawat yang sudah disediakan tadi dengan panjang berkisar 2cm.

Bungkus Dengan Selotip

Cara Membuat Solder Sendiri Dari USB 5V

Selanjutnya adalah membungkus kabel tersebut dengan selotip tahan panas fiber glass dengan panjang yang sudah disesuaikan

Lilit Kabel Kawat

Cara Membuat Solder Sendiri Dari USB 5V

Langkah selanjutnya adalah melilit kabel kawat yang sudah disediakan, pastikan lilitannya rapi agar bisa menyalurkan panas dengan baik

Potong Kawat Nikeling

Cara Membuat Solder Sendiri Dari USB 5V

Yang perlu anda lakukan lagi adalah memotong kawat nickeling dengan spesifikasi panjang 10cm, setelah anda potong, hubungkan ujung kawat nikelin ke kawat tembaga. Pastikan dibungkus dengan selotip fiber glass agar tegangan tidak mengabar.

Sambungkan USB

Cara Membuat Solder Sendiri Dari USB 5V

Langkah selanjutnya adalah menyambungkan rangkaian tadi dengan USB yang sudah disediakan tadi, setelah itu jangan lupa di selotip agar aman.

Masukkan Ke Kayu

Cara Membuat Solder Sendiri Dari USB 5V

Setelah rangkaian jadi, saatnya memasukkannya ke kayu pegangan dengan menggunakan lem supaya tidak terlepas saat digunakan. Dan sekarang silahkan anda cek kualitas solder buatan anda sendiri dengan tegangan 5V tersebut.
Cara Membuat Solder Sendiri Dari USB 5V

Itulah Cara Membuat Solder Dari USB 5V yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang ingin berinovasi membuat solder sendiri dengan barang bekas.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments