[Berhasil] Cara Menyolder Alumunium

Advertisemen
Konten [Tampil]
Cara Menyolder Alumunium – Biasanya solder itu kan digunakan untuk menyolder komponen dari PCB yang berbahan dasar dari timah dan tembaga, tapi bagaimana kalau objek solderannya adalah alumunium. Apakah Bisa?

Cara Menyolder Alumunium


Nah, Maka dari itu kami situs Memperbaiki TV LED akan membahas Cara Menyolder Alumunium Dengan Aluflux agar bisa menempel secara sempurna.

Bersihkan Media Alumunium


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkan media alumunium terlebih dahulu dengan cara menyikatnya dengan sikat kawat atau amplas tangan. Meskipun flux ini bergungsi untuk membersihkan media solder, tapi permukaan kotor yang susah dibersihkan bisa dibersihkan dengan sikat kawat.

Media alumunium ini bervariasi, ada alumunium yang tebal dan tipis seperti kaleng cocacola, kaleng susu bubuk dan kaleng lainnya berbahan dasar alumunium.

Proses Nyolder Alumunium


Kasih Flux


Sebelum kita menyolder alumunium, kasih flux terlebih dahulu agar nantinya bisa menempel dengan maksimal

Solder Media Alumunium


Setelah media alumunium diberikan flux, sekarang anda sudah bisa menyolder permukaan dengan timah, itu mudah untuk menempel seperti halnya menyolder PCB dengan timah. 

NB: Cara ini berfungsi untuk menyolder alumunium kecil, tapi untuk yang besar dan tebal seperti heatsink processor tidak akan berhasil. 

Kenapa Untuk komponen besar tidak bisa disolder dengan timah, karena pada dasarnya alumunium itu titik lelehnya hingga 600 derajat, sedangkan timah yang bagus itu bisa mencapai 400-500 derajat celcius. 


Apabila dilihat urutan dari bawah, ada alumunium lapisan kedua dengan polsesan aluflux, dan lapisan ketiga timah yang dicairkan, serta bagian yang paling atas adalah solder dengan rata-rata panasnya Cuma 300 derajat celcius.

Alasan utama kenapa alumunium besar tidak bisa disolder karena panasnya tidak bisa sampai melebur alumunium yang besar, padahal peleburan alumunium besar dasar pelelehannya butuh 600 derajat celcius.

Itulah Cara Menyolder Alumunium yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang hendak menyolder bahan yang sulit disolder.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments