Cara Menggunakan Solder Tembak | Solderan Rapi

Advertisemen
Konten [Tampil]
Solder tembak merupakan solder yang memiliki switch pemindahan kapasitas daya, kapasitas tersebut yang menentukan panasnya solder. Solder tembak terdiri dari 2 kapasitas daya seperti 20W dan 75W, dan bagaimana cara menggunakan solder tembak?
Cara Menggunakan Solder Tembak

Baiklah, berikut ini kami situs Memperbaiki TV LED akan membahas cara menggunakan solder tembak dengan penjelasan yang bisa anda pahami, tidak banyak kata-kata langsung to the point.

Cara Menggunakan Solder Tembak 


Cara pertama yang harus anda lakukan adalah menghidupkan solder tembak terlebih dahulu, dengan menyambungkan kabel ke stop kontak listrik, kemudian tunggu selama kurang lebih 5 menit agar mata solder panas.

Taruh Pada Wadah Solder Tembak


Setelah anda menghidupkannya dengan mengaliri tegangan listrik sehingga berubah menjadi panas, langkah selanjutnya adalah menaruh solder ke tempat solder sambil menunggu solder benar-benar panas.

Bersihkan Mata Solder


Setelah solder benar-benar panas, dan supaya mata solder tetap optimal dan enak saat digunakan, anda harus membersihkan solder terlebih dahulu. Agar tidak ada bekas timah yang menempel pada mata solder. Para teknisi biasanya membersihkan solder dengan pembersih cucian yang terbuah dari alumunium dan gunakan clean gell.

Proses Menyolder


Untuk solder tembak yang memiliki 2 daya, anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan anda, tergantung kebutuhan panasnya solder. Kalau pengen yang panas tinggi silahkan pilih 75 Watt daya listriknya. 

Gunakan Timah Solder Yang berkualitas


Dengan menggunakan timah solder yang berkualitas bisa memudahkan anda dalam proses penyolderan, serta anda juga bisa menggunakan pasta solder atau cairan sejenisnya agar terlihat rapi. Satukan komponen ke papan PCB dengan menggunakan lelehat timah yang anda solder, berikut jenis merk timah solder yang bagus.

Jenis-jenis Timah Solder


  • Timah Solder Flux
  • Timah RoHS


Bersihkan Mata Solder


Setelah menyolder komponen ke PCB, anda harus membersihkan mata solder lagi agar mata solder tetap awet dan nanti ketika ingin menyolder lagi tidak perlu membersihkan lagi.

Fungsi Solder Tembak


Fungsi solder tembak untuk memanaskan timah serta menyambung bagian kabel yang putus atau bagian-bagian yang rusak.

Itulah Cara Menggunakan Solder Tembak yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi para teknisi khususny para pemula yang ingin belajar mengoperasikan solder tembak.

Sumber: terlanjurbasah.net
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments